RSS

"T.I.K.U.S"

T.I.K.U.S...Tikus... 
Iiihh...ngapain sih ngajak ngobrol soal binatang yang sangat menjijikkan dan menyebalkan ini?? Gitu kali ya, komen temen2?? hehehe... Sebenernya saya terinspirasi ketika melihat sebuah tayangan di "planet animal" tentang TIKUS... 
Iya...tikus... alias mouse...


Pikiran saya waktu itu..."Lucu juga nih binatang, ngeliat cara mereka mencari makan, cara mereka menghindar dari musuh2 predatornya, cara mereka membuat lorong2 dalam tanah yang akhirnya berkembang menjadi sebuah kerajaan besar... Wuiih..keqnya seru buangeth!!!", batin saya...


Akhirnya sayapun iseng2 nanya si mamang goggle... Eh, ternyata emang banyak kenyataan yang menarik dari si Tikus ini...


Tikus adalah mamalia yang termasuk dalam suku MuridaeSpesies tikus yang paling dikenal adalah mencit (Mus spp.) serta tikus got(Rattus norvegicus) yang ditemukan hampir di semua negara dan merupakan suatu organisme model yang penting dalam biologi; juga merupakan hewan peliharaan yang populer.


Selain kedua spesies itu, masih terdapat beberapa spesies lain yaitu tikus rumah (Rattus rattus), tikus sawah (Rattus argentiventer) dan wirok (Bandicota sp.), sedangkan Celurut (shrew), yang sering disebut sebagai "tikus", sesungguhnya bukanlah termasuk golongan hewan pengerat, melainkan hewan pemangsa serangga (Insectivora).


Nah... dah ngeh kan..klo gak smua tikus itu menjijikkan dan menyebalkan?? Buktinya ada juga lho yang mau2nya punya piaraan tikus... Tikus putih pastinya!! Bukan tikus rumah palagi tikus got...hehehe..


Menurut kepercayaan Tionghoa, Shio tikus adalah salah satu dari kedua belas shio yang ada dalam penanggalan Tionghoa.  Orang yang mempunyai shio tikus adalah orang yang kreatif, jujur, murah hati, ambisius, cepat marah, dan boros. Pemilik shio ini mempunyai hubungan yang baik dengan shio kera dan shio naga, dan buruk dengan shio kuda.


Saking terkenalnya hewan ini (lihat lagi keterangan si mamang goggle, bahwa hampir di semua negara dapat dijumpai tikus).  Sampai2 Oom Walt Disney pun pada tahun 1928 tertarik menjadikannya si Tikus tokoh kartun yang lucu dan menggemaskan, yaitu Mickey Mouse dan pasangan setianya Minnie Mouse 





Ada juga lho si Ratatouille, tikus jago masak rekaan rumah produksi Pixar Film...


Atau tokoh kartun yang cerdik namun suka usil karya William Hanna and Joseph Barbera ... yaa... dialah Si Jerry, yang terkenal melalui serialnya "Tom and Jerry Show"



Ngomong2 soal Tikus...jadi inget kediaman ibu saya. Saking buanyaknya tikus bersemayam di sana, hingga mereka berhasil membuat sebuah kerajaan sendiri. Nah... klo tiba2 saya berpapasan dengan mereka, biasanya saya akan berteriak "SITI...SITI...ada SITI...".  Maksud saya ada si Tikus lagi maen2 dan bertemu dengan saya.  


Nah...suatu ketika ada assisten baru di rumah ibu dan ketika saya menjumpai seekor tikus di sana, otomatis saya berteriak "SITI...SITI..".  Tiba2 sang assisten barupun datang menghampiri dengan tergopoh-gopoh dan bertanya "ada apa bu??"... "Haaa??", saya bingung. Lha wong saya gak manggil dia, kenapa tiba2 nongol?? Usut punya usut, ternyata namanya SITI... Oalaah...


Sejak saat itu sayapun jarang teriak2 "SITI" lagi....hihihi...


Lanjut ke cerita soal Tikus...kali ini dari sudut yang menyebalkan, yaitu  didakwa sebagai sang penyebar penyakit yang ternyata 10x lebih berbahaya dari penyakit yang disebabkan nyamuk. Mulai penyakit pes, hingga “kencing tikus” atau nama sebenarnya adalah penyakit Leptospirosis yang merupakan suatu penyakit infeksi akut disebabkan suatu jasad renik tertentu yang dinamakan Leptospira. 

Tikus termasuk hewan yang cerdas dan cerdik, dan sekali mereka menetap di area tertentu, tidak mudah untuk menghalaunya atau bahkan sekadar mengontrolnya. Mereka membuat rumah di mana saja dan kapan saja, seperti juga mereka makan apapun yang tersediaTikus hidup kurang dari setahun. menghasilkan keturunan kira-kira enam kali dalam setahun. 
Ini brarti,ya mereka memang akan selalu ada... walaupun keluarga batihnya (bapak-ibu dan anak2nya) sudah berhasil kita lenyapkan, bagaimana dengan paman-bibi-ponakan-ataupun kakek-nenek dan sepupu2nya?? 


Mengingat sifat2 khas tikus itulah...akhirnya timbul personifikasi "Tikus" bagi manusia yang cerdik cenderung licik, suka menggerogoti apa saja, dimana saja dan kapan saja (eh...ini bukan iklan minuman lhoo...hehe) hingga tega2nya mereka membangun kerajaannya dengan cara apapun (maklumlah... namanya juga tikus...). 


Itulah pula sebabnya mengapa para praktisi politik disebut politikus, sebab poli artinya banyak, sedang tikus... ya seperti yang sudah dibahas tadi, maka jadilah mereka manusia-manusia serakah dan licik dalam jumlah banyak (poli). 


Sepanjang sejarah, tikus selalu mengganggu hidup kita semua, baik tikus dalam wujud si mungil yang selalu berkeliaran di mana2 atau "tikus kepala hitam" yang sungguh teramat sangat menyebalkan, karena mereka sama2 merupakan pencuri yang licik, licin, tidak kenal malu, menjijikkan, tak pernah puas mengambil sedikit, beranak pinak, membangun kerajaannya sendiri dan hingga tega mematikan orang lain.


Namun...jangan kuatir jika ternyata segala cara untuk memberantas mereka tidak berhasil..karena ternyata 70% kematian tikus adalah akibat terlindas kendaraan lewat... selebihnya paling apes jadi pupuk (di amerika) atau bahkan jadi bakso (ini mah di indonesia...hehehe)


Akhir kata...wahai para "tikus2 kepala hitam", sadarlah segera... sebelum nasib kalian seperti tikus2 got yang menemui ajalnya di bawah lindasan roda (khusus untuk mereka...roda jamanlah yang kan melindasnya, jika tidak di dunia...ya di akhirat pastinya!!!)


wallahu'alam bish showab...




Bojongsari (14-1-12, 14'36'16)


0 komentar:

Posting Komentar