RSS

"KEAJAIBAN SEDEQAH ala OTAK KANAN"

Keajaiban sedeqah, yang istilah kerennya "The Power of Giving", sudah seringkali dibahas oleh Sang Pakar Sedeqah, yang tak lain dan tak bukan ya UYM, alias Ustadz Yusuf Mansyur.

Bahkan beliau meluncurkan gerakan "Sedeqah Nasional", untuk membangkitkan kesadaran umat Islam, tentang betapa pentingnya melaksanakan perintah Allah yang seringkali terlupakan ini, alias tangan di atas rasanya lebih asyik daripada tangan di bawah.              

UYM membahasakan keajaiban sedeqah dengan "Matematika Sedeqah", dimana 10-1 hasilnya bukan 9, melainkan 19!! Bahkan bisa mencapai angka lebih fantastis lagi, yaitu 709!! Lho koq bisa?? Waah, itu mah masih belon seberapa!!

Gimana kalau hitungannya sekarang 10-9? Hasilnya apa akan menjadi 1 atau 91?

Ternyata, jika dihitung secara MS alias Matematika Sedeqah ala UYM, maka hasilnya bisa beberapa kemungkinan. Penasaran?? Yuuk ikuti penelusuran saya... Simak baik-baik yaa...

10 - 9  =  1 (kita punya uang 10, disedeqahkan 9, maka sisanya tinggal 1)
9 x 10  = 90 (uang yang kita sedeqahkan di jalan Allah, akan dibalas 10x lipat, menjadi 90)
Maka hasil akhir adalah 91!!!

Namuun...kalau kurang puas dengan hasil itu, silakan kita sedeqahkan dengan berharap imbalan yang lebih besar berlipat-lipat. Bisa?? Bisa saja!! Dan inshaa Allah, pastinya BISA!!

Karena Allah telah menjanjikan dalam surat Al Baqarah (QS 2), ayat 261:
"Perumpamaan orang yang menginfaqkan hartanya di jalan Allah, seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki dan Allah Maha Luas, Maha Mengetahui"

Subhanallah, betapa benarnya janjiMu yaa Allah...

Yang patut diingat adalah bahwa, jangan terlalu berharap hasil yang instan dari sedeqah-sedeqah yang telah dikeluarkan. Sebab bisa jadi setelah kita mengeluarkan sedeqah yang lumayan besar dengan berharap imbalan berlipat-lipat dari Allah, namun bukannya harapan menjadi kenyataan, kita malah terpuruk menjadi tidak memiliki apa-apa lagi. Akibat terparah, kita jadi menyalahkan Allah dan mengingkari ayatnya tentang keajaiban sedeqah itu!

Siapa tahu, Allah sedang menguji keimanan kita. Allah ingin melihat seberapa ikhlasnya kita bersedeqah dengan  hanya berharap ridho Allah semata, bukan silau oleh kemilaunya harta benda kekayaan dunia.

Masih untung jika Allah hanya menguji dengan tidak menambahkan sepeserpun harta kita setelah bersedeqah. Bagaimana jika ternyata Allah malah mengambil harta kita yang tersisa?? Apa kita akan langsung murtad dan semakin tidak percaya tentang adanya Allah Swt dengan janji-janjinya??

Baca lagi deh, kutipan ayat di atas "...Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki.."
Artinya, kita harus mawas diri dulu, baru boleh menyalahkan Allah!

UYM pernah menerangkan bahwa 10-9, memang bisa jadi 91 (jika 10x lipat) atau bahkan 6301 (jika dikalikan 700). Namun, bisa juga menjadi minus (-) 89 atau minus (-) 6299.  Itu akan kita peroleh jika harta yang kita miliki dan kemudian kita sedeqahkan berasal dari harta haram dan diperoleh melalui cara yang haram.

Memang barangkali jumlah kekayaan kita tidak berkurang, namun hidup kita menjadi tidak tenang dan berkah, anak-anak berbuat ulah, suami/istri bertingkah... Itulah nilai minus yang sudah kita tuai!!

============
Matematika Sedeqah ala UYM memang sudah "cetar membahana badai" di dunia persedeqahan.

Kini saya ingin menyorotinya dari sudut pandang alias angle yang agak berbeda, angle ala saya tentunya...

Sama-sama masih membicarakan soal "Keajaiban Sedeqah", namun saya tidak mau masuk ke area ilmu eksakta yang mbulet dan bikin mumet kebanyakan orang awam itu.

Saya hanya ingin membahasnya secara sederhana, dengan pemikiran OTAK KANAN yang gak mau ribet apalagi liuer cek urang Sunda.

OTAK KANAN saya mengatakan,
"Jika engkau memberi entah itu harta, benda ataupun sekedar senyuman dan pertolongan kepada orang lain, maka secara tidak langsung, orang yang engkau beri itu akan terkesan dan spontan menyampaikan ucapan terimakasih.

Naah...dibalik ucapan terimakasih itulah, terselip sebuah do'a yang alam semestapun akan mengaminkannya!"

Apalagi jika pemberian itu dilakukan dengan ikhlas, tanpa perencanaan terlebih dahulu. Inshaa Allah Mestakung alias Semesta kan Mendukung (mengutip teori Prof Surya).

Barangkali itulah janji Allah dengan 10x lipatnya tadi.

Bagaimana jika orang yang diberi tersebut menceritakan kebaikan kita kepada suami/istri dan anak-anaknya,   yang karena berkat sedikit bantuan kita, nasib mereka bisa tertolong.

Di sinilah janji Allah, tentang 700x lipat, bekerja!

Sebab, semakin banyak orang yang mendoakan kita, semakin terangkat derajat kita di mata Allah dan manusia...

============

Wallahu'alam bish showab

Asbar, 03'05'13 (15'40)


0 komentar:

Posting Komentar