RSS

Kata Kunci di Blog, Penting Gak Sih?

ilustrasi: belajarsearchengine.com
Sebel, heran campur mikir...

Sudah berbulan-bulan tanda tanya besar bersemayam di pikiran saya. Gak penting-penting amat sih, tapi lumayan menyita energi juga...hehehe. Bukan masalah kehidupan pribadi, apalagi masalah bangsa dan negara yang semakin “aneh tapi nyata” akhir-akhir ini. Hanya masalah sepele, se sepele tulisan ini, tapi koq ya masih mau nerusin mbacanya... Ajaib kan? Hihihi :-p

Begini ceritanya... Mohon kalau mau mendengarkan eh memandang dan membaca baik-baik, pasang mata-telinga dan hatinya yaa...  Kita mulai saja, eng...ing...eeeng...

Sebagai seorang blogger sejati (cieee...asli ketawa ngakak kalau dibilang saya ini blogger sejati), tentu akan memiliki lebih dari satu akun blog sebagai sarana pengejawantahan diri (bahasa yang sangat filosofis sekali). Nah, saya punya (gak main-main) tujuh blog, empat di antaranya di bawah naungan blogger.com. Kepikiran kan, gimana mengelolanya? Udah, gak usah dipikirin, saya aja gak mikirin koq. :-p

Yang selalu jadi pertanyaan dan harapan saya, tentunya hal ini juga selalu ditekankan oleh “para pinisepuh” alias mentor-mentor menulis saya yang tergabung di grup super keren “Ibu-ibu Doyan Nulis”, adalah cara meningkatkan kunjungan pembaca melalui KATA KUNCI.

Kata kunci alias keyword sangat penting bagi sebuah blog, terutama blog yang behubungan dengan transaksi online. Jika trafik kunjungan ke blog meningkat, berarti banyak pembacanya dan otomatis akan berimbas pada peningkatan omzet penjualan.

Betapa penting dan sakralnya si kata kunci, hingga untuk mendapatkannya, berbagai upaya dilakukan. Mulai dengan meletakkan kata-kata yang dinilai cukup strategis dalam sebuah tulisan, memuat kata yang sama berulang-ulang, hingga melakukan jalan pintas, membuat tulisan yang rada nyeleneh dan nyerempet-nyerempet.

Walhasil, inilah traffic kunjungan pembaca ke tiga blog berbeda yang saya kelola dan gawangi. Masing-masing blog saya khususkan untuk tiga segmen yang berbeda.
---------------------------
Blog pertama, zerzankoe.blogspot.com. Baru saya buat ketika saya mengikuti kegiatan ODOA (One Day One Artikel), yang diluncurkan oleh IIDN sekitar 3 bulan yang lalu. Isinya murni hasil latihan ODOA yang tentunya berisikan banyak pesan sponsor tersamarkan...hehehe. Setelah bersusah payah menulis hampir tiap hari, disertai acara begadang, walhasil hanya satu pengunjung yang menghampiri menggunakan kata kunci, yang ditulispun adalah judul blog saya. Kuat dugaan, ini pasti kunjungan kenalan yang baru bertemu tadi siang dan sempat mencatat alamat blog saya.  Oh nasib... :-(


---------------------------
Blog kedua, coretangina.blogspot.com. Inilah blog pertama dan blog pribadi saya. Tempat curhat dan mengekspresikan diri yang sebenarnya. Usia blog ini jauh lebih tua dari pohon rambutan di rumah saya yang masih malas-malasan berbuah itu (lho, apa hubungannya yak? Hehehe). 

Saya membuat blog ini, saat awal berkenalan dengan fesbuk, kemudian disarankan salah seorang sahabat lama (yang jelas bukan clbk walaupun berlawanan jenis...dan penontonpun kuciwa...huuuu :-p ), untuk membuat blog sebagai sarana saya bercerita. Daripada terus-terusan  ngerusuhi dia yang lagi berjuang di negeri seberang, lebih baik saya nyerocos lewat media blog saja, gitu barangkali pikiran awal si sahabat ini (hush, gak boleh su’udzon!). :-D

Oh iya, blog pertama ini, saya luncurkan tepat di hari ulang tahun ke-13 putra pertama saya, di tahun 2009. Saat itu saya sedang dilanda suasana melow, sehingga tulisan awal ya tentang proses kelahirannya, sebab itu yang ada di pikiran saya saat itu. Herannya, hingga sekarang saya takjub pada diri sendiri, koq bisa saya menulis seindah itu (uhuuuy, dilarang muji diri sendiri....preeet :-p )

Kunjungan melalui kata kunci dan mesin pencari si mamang google di blog ini cukup lumayan. Hampir setiap hari ada saja yang kesasar mampir. Berarti tulisan saya cukup menarik donk ya (murni ini ge er pribadi...hehehe). 

Walaupun  belum bisa mengalahkan blogger kawakan lainnya, padahal ada tempelan si booster kunjungan blog alias  vivalog, namun jujur saya jarang menggunakannya, hingga trafik kunjungan ke blog gak pernah booming hingga ratusan, apalagi ribuan, saya tetap bangga dengan blog personal saya ini.

Nih penampakan statistik blog kedua, eh blog pertama saya, walaupun pengguna kata kuncinya hanya satu per artikel...hiks.. :




---------------------------
Bagaimana dengan nasib blog ketiga saya?

Sebagai seorang aktifis media sosial, ups... maksudnya aktifis kegiatan sosial, saya adalah corong kegiatan bagi yayasan tempat saya mengabdikan waktu dan pikiran. Walaupun tak sepenuhnya berisikan jadwal dan rencana kegiatan yayasan, apalagi foto-foto narsis pengurusnya, blog ini lebih mengarah ke sharing pengetahuan tentang kerumatanggaan. Maklumlah, ini memang blognya yayasan yang bergerak di bidang pembinaan keluarga, Yayasan Keluarga SeMuT namanya (jujur ini bukan iklan terselubung, tapi wajib disebut, karena menyangkut hak cipta nama blog...hehehe).

Penamaan blog yayasan ini, saya buat agak berbeda dengan nama yayasannya, dengan maksud dan tujuan, sebagai sarana alias wadah yang menaungi kisah-kisah yang pernah ditangani oleh yayasan Keluarga SeMut (perhatikan cara penulisan nama yayasan...idih gak penting bingits deh...hihihi). “Omah SeMut”, yang beralamatkan di omahsemutku.com, itulah judul eh nama blog ketiga saya. Isinya bukan pesanan apalagi titipan, walaupun ada beberapa artikel copasan di dalamnya, namun sumber asli selalu saya sertakan.

Nah... Blog inilah rupanya yang selalu menyedot perhatian pembaca. Lagi-lagi, walaupun ada booster , namun angka kunjungan gak pernah lebih dari 25 pemirsa perminggunya, karena jarang saya publikasikan di vivalog...hehehe. Namun demikian, melihat trafik kunjungan selalu ada setiap harinya walaupun jarang saya update, membuat saya sedikit optimis, isi blog saya masih banyak yang mencari.

Sayangnya... di tengah kegembiraan, akan selalu terselip kesedihan dan kekecewaan. Bagaimana gak prihatin, kalau melihat kata kunci yang nyasar ke blog saya, selalu tentang bapak setengah baya dan seks. Padahal di dalam artikel “Si Bapak Paruh Baya dan SMS-SMS’nya”, tidak ada kata-kata seks sepatahpun. Justru di artikel bertajuk seks education, hanya satu dari tiga artikel yang mampu menarik pembaca, yaitu “Indahnya malampertama dan adab pergaulan suami-istri”, itupun artikel copas....hehehe.
Penasaran dengan trafik pengunjungnya? Nih dia....


Tuuuh, kelihatan kan, kalau ternyata bangsa kita ini masih berotak ngeres dan gak genah!

Namun walaupun demikian adanya (hayyah, bahasa apa ini...hehehe), saya tetap bangga dengan blog yayasan ini, sebab selalu ada orang nyasar (walaupun tak sesuai harapan) ke mari. Lumayan lah, buat meramaikan suasana :-D
---------------------------
Ngomong-ngomong soal kebanyakan blog, sebenarnya saya sering ditegur oleh sang mentor, saya disuruh fokus pada satu blog, sehingga trafik kunjungan dapat dikelola dan diharapkan meningkat setiap saat. Dengan demikian, jika disebut nama saya, otomatis akan keluar blog andalan saya. Namun jujur, hingga saat ini sulit rasanya melepaskan kesemua blog yang saya bidani, sebab masing-masing mempunyai ciri khas dan sasaran pembaca berbeda. Biarkan saja waktu yang berbicara, blog mana yang paling berkembang dan paling banyak dicari melalui kata kunci, akhirnya.
---------------------------
Nah, sudah banyak saya cerita kisah si kata kunci di tiga blog yang saya gawangi ini, bagaimana dengan kata kunci di blog teman-teman semua? Sukses penyedot pengunjungkah? Yuk, saling belajar...

8 komentar:

Agustinadian Susanti mengatakan...

kalau saya kata kuncinya pake nama sendiri (membangun branding) hehe.. setuju mak penting banget itu

InOva MeLiSa mengatakan...

kalau saya nulis yang saya suka.. jadi kata kuncinya yang saya suka.. resep masakan, bisnis, anak, rumah xixi.. *emak emak banget yah..

eh btw salam kenal yah mbak ^^

Nurul Fitri Fatkhani mengatakan...

Mantaap...blognya banyak bener neh.!!..he..he

Ningsih Ali mengatakan...

Banyak banget sih blognya, saya punya 2 tp yg pertama udah kelaut Mbak. Sekarang hanya merawa t1 blog aja, jarang buanget ngisinya..hehehehe....

Reffi Seftianti mengatakan...

saya punya tiga tapi beda platform....webnode.com untuk sastra, tumblr untuk puisi atau coretan singkat fiksi lebih banyak bahasa Inggris dan juga blogger..tapi yang webnode jarang saya rawat,,hehe

Gina Hendro mengatakan...

@mak Agustinadian: wah, personal branding bingits tuh! Keren abies dah! :-D
@ mak InOva: Nah ini, pasti blognya seperti diary... lanjoot!! ;-)
@ mb Nurul: Jadi pengen malu...uhuy ^_^
@ mak Ningsih: hayuuu, semangat ngisi blog... tulis aja kegiatan hari2 bak lagi mbikin diary ;-)
@ mb Reffi: toss!!! banyak blog biar manteb teb :-D

Gina Hendro mengatakan...

Makasih buat yang udah sudi mampir ke blog saya... Lop yu pul dah ;-)

Rayni Intansari mengatakan...

Bermanfaat dan menghibur, jd senyum2 sendiri ... Tengkiu :)

Posting Komentar