RSS

E-Money, Evolusi Transaksi Keuangan Masa Kini

Ilustrasi 
E-Money merupakan kependekan dari Elektronik Money, alias uang elektronik atau uang digital yang digunakan dalam transaksi internet dengan cara elektronik. E-Money, tak berwujud layaknya mata uang konvensional yang terbuat dari kertas atau logam, namun tetap memiliki sejumlah nilai uang di dalamnya.

E-Money alias uang plastik, merupakan sistem pembayaran non tunai yang akan semakin sering digunakan masyakarat untuk melakukan berbagai transaksi barang dan jasa di masa depan.  

Di negara maju, transaksi ekonomi yang meliputi hampir seluruh aspek kehidupan dilakukan menggunakan e-money alias transaksi secara non tunai. Ditengarai tak lama lagi, sistem pembayaran non tunai ini akan menjadi platform aneka transaksi bisnis di dunia. Ya, sifatnya yang terjangkau, mudah dioperasionalkan serta efektif sungguh menunjang gaya hidup masyarakat masa kini.  

Sistem pembayaran non tunai adalah masa depan, dia merupakan produk hasil evolusi transaksi keuangan masa kini. Jika di awal peradaban, manusia melakukan transaksi atau pertukaran barang melalui sistem barter, dimana barang yang dibeli akan dihargai setara dengan barang yang ditukar. 

Selanjutnya beralih ke mata uang dalam bentuk logam mulia dan kemudian ditemukanlah sistem pembayaran menggunakan uang kertas dan uang logam yang nilainya tertera pada kedua sisi uang tersebut.

Maka, beribu tahun kemudian, ditemukanlah teknologi canggih yang mampu menyimpan data sejumlah nilai uang tertentu di dalam sebentuk chip yang kemudian ditanamkan dalam kartu berbentuk persegi panjang seukuran tanda pengenal dan terbuat dari bahan plastik.

Pada perkembangannya, chip ini bukan hanya dapat ditanamkan dalam kartu plastik, namun juga dalam bentuk gelang, ditanamkan dalam gadget, bahkan tak menutup kemungkinan chip ini kelak akan ditanamkan di dalam tubuh manusia. Sehingga tak akan ditemukan lagi istilah “ketinggalan dompet atau kecopetan”, tapi beralih menjadi “maap, saldo anda tidak mencukupi”

Dengan demikian, jika melakukan transaksi jual-beli baik barang maupun jasa di masa depan, takkan direpotkan lagi dengan urusan mencari uang kembalian atau antri mengular, semua transaksi dilakukan secara non tunai menggunakan e-money. (*) 

0 komentar:

Posting Komentar