RSS

Hari Ini Hari Dongeng Sedunia...



Ayah-Ibu Mendongeng Penghantar Tidur 
Hari Ini Hari Dongeng Sedunia... dan tetiba aku teringat akan ibuku yang rajin mendongeng sebagai penghantar tidur kala kami kecil. Terkadang suaranya lirih merintih, di saat lain besar menakutkan dan sesekali diiringi nembang. Aaah, ibuku memang bukan pendongeng sempurna, namun beliau pandai memainkan intonasi suara. 

Hari Ini Hari Dongeng Sedunia... dan ibuku tak pernah mendongengkan kisah putri-putri raja di seberang sana. Ia hanya bercerita tentang Pak Tani dan si Kancil, Si Kancil dan Buaya, Bawang Merah-Bawang Putih, Klenting Abang-Klenting Kuning, Timun Mas, Ande-ande Lumut & Si Yuyu Kangkang. Semua kisah dirancang berakhir bahagia.


Dongeng Bawang Merah-Bawang Putih 
Hari Ini Hari Dongeng Sedunia... Usai ibu bercerita, terkadang kami justru tak mampu memejamkan mata. Masih terhanyut rasa sedihnya si Bawang Putih yang sempat sengsara, terbawa amarah pada Klenting Abang yang serakah serta terpukau dengan kecerdikan si Kancil nan bijaksana. 

Hari Ini Hari Dongeng Sedunia... dari dongeng ibu, kami belajar banyak hikmah kehidupan. Jadilah manusia yang berakhlak dan berbudi pekerti. Jangan tamak dan sombong. Berlaku lemah lembutlah pada sesama. Cerdik dan pandailah saat bertindak. 
Hari Ini Hari Dongeng Sedunia.. dan ibuku tak pernah berpetuah panjang lebar. Ia hanya bercerita...dan bercerita tentang apa saja. Dari kisah yang sederhana hingga rumitnya konflik kehidupan. Semua diuntai dalam baris kata nan menawan dan membuat kami terpana. 

Hari Ini Hari Dongeng Sedunia...dan kakakku hanya teringat satu dongengan Ibu, "Pak Tani Berhidung Tujuh". Dongeng abadi yang selalu diulang setiap malam kepada anak-anaknya. 



Hansel &Gretel
Hari Ini Hari Dongeng Sedunia... Masihkah anak-anak kita mengenal berbagai cerita rakyat Indonesia? Ataukah mereka lebih mengenal Snow White & The Seven Dwarfs, Cinderella, Pinochio, Hansel & Gratel, Three Little Pig, Little Red Riding Hood, The Ugly Duckling, Aladdin & The Magic Lamp dan berbagai dongeng klasik dunia?

Hari Ini Hari Dongeng Sedunia... Masihkah anak-kita kita mengalaminya? Menikmati berbagai kisah menjelang tidur yang dibawakan Bunda atau Yanda? Ataukah mereka tertidur berteman gadget belaka?


Hari Ini Hari Dongeng Sedunia...dan tak banyak orang yang mengetahuinya... 


RaDal, 28'11'17_22'43



0 komentar:

Posting Komentar