RSS

ZONA NYAMAN

"Jangan dekati singa yang sedang tidur"!! Sering kita mendengar ungkapan itu. Mendekati aza dilarang, palagi ngebangunin!! Emang mo jadi pawang singa apa?? 

Eh..tiba2 di sebelahnya ada seekor ular sanca sedang molor kekenyangan dengan perut ngebuncit brisikan seekor ayam jantan yang nasibnya apes beneran... Masih mau coba2 ngebangunin kedua makluk ini??

Yuuk..iseng kita colek2....ups...baru juga nyentuh ekornya, tuch singa dah mule menggerak2an kumisnya... palagi nyolek bodinya?? Kabooor aaach...
Tapiii...koq masih penasaran yaa??

Sekarang nyoba nyolek ulernya....pake galah puanjaang banget...eh..koq diem aza... ganti galah yang pendekekan dikit... hmm...masih diem juga..makin penasaran niich... sekarang nyolek si uler pake tangan ...diem... Asyyiiik...dah makin brani plus tambah nekat dech... Pegang kepalanya, mule ngelurusin badannya... Si ulerpun mule nunjukin reaksinya, tapii.."Ach...EGP dech..", gitu kali pikiran si uler..'"Toch aye dah kenyang ini... Aye mo puase sminggu puol"...gumam si uler dalam hati..

Temans...itu hanyalah sebuah kisah rekaan..eh.bisa jadi emang beneran yaa..?? Au ach elap..hehehe..

Kisah yg menggambarkan bagaimana sikap yang ditunjukkan oleh dua ekor binatang yang sama2 diklasifikasikan sbagai binatang buas, tapi melakukan dua reaksi yang sangat berbeda.

Demikian juga dengan manusia. Jika disentuh zona nyamannya, misal lagi enak2 ngorok
dibangunin.. Nyebelin buanget kaan??  Maka akan menunjukkan dua reaksi yg berbeda pula. Ada yg menanggapinya dengan amat sangat marah bahkan cenderung agresip, tiba2 loncat dan ambil kuda2 siaga dua, namun ada yg menanggapinya dengan kalem2 saja.. alias ngebuka mata dikit..terus ngelanjutin lagi mimpinya.persis seperti si uler tadi..

NYAMAN...sebuah kata sakti yang didambakan oleh setiap insan. Tentu sebagian besar dari kita tidak akan merasa nyaman jika memakai kaos terbalik, sandal beda sebelah, rambut awut2an, bodi bau gak keru2an (kecuali emang yg dah bawaan..hehehe).

Palagi orang yang berada di dekatnya, pasti kan terusik oleh kehadiran makluk ganjil seperti itu, minimal cengar cengir klo lucu, menatap dengan takjub atas keajaiban yang ada di depan matanya dan menutup hidung jika di rasa aroma yg tercium dah mule menggangu bahkan kalo perlu pergi jauh2 karena smua indranya menangkap sesuatu yang gak wajar (udah kucel, bau tujuh rupa, ngoceh gaya orang mabok lagi...duh syapa yang tahan deket2 orang seperti itu??)

Duh..koq jadi ngelantur gini?? hihihi... Intinya... kita kan selalu mengkondisikan diri kita dalam keadaan senyaman mungkin..dan tentunya definisi nyaman akan berbeda-beda bagi setiap orang. 

Misal...ada segerombolan anak muda yang nyaman dengan ketidaknyamanan orang laen (eh bukan ngedeskriditkan kelompok tertentu loh yaa..tapi ini fakta!!) Itu tuuuch... gerombolan anak2 yang suka berdandan eksentrik, celana ketat warna hitam, berkaoskan gambar2 seram, badan penuh tatto dan rajahan, klo perlu muka ditempeli aneka hiasan, rambut dicat warna warni bak setan.... Hiii..benar2 menakutkan..!! Tapi justru dengan keadaan yang bagi kita benar2 gak nyaman itu, mereka merasa sangat nyaman, sangat enjoy... (bener2 sulit dimengerti... ckckck...)

Bagi orang yang selalu dituntut tuk still rapi, walau aslinya amburadul...dia kepaksa menyaman2kan dirinya tuk nyaman dengan keadaan yang sebenernya bagi dia bener2 gak nyaman itu ( mumet gak mbacanya..?? hihihi)

Misalnya gini dech...Ada beberapa pekerjaan yang menuntut seorang laki2 tuk selalu berpakaian necis, menggunakan hem lengan panjang, berdasi, harum semerbak mewangi dan klimis. Seharian dia harus berpenampialan seperti itu..eh..sampe di rumah...buru2 dia ganti kostum"kepaksanya" itu dengan sarung butut dan oblong engkoh2...

Atau seorang karyawati yang merasa harus selalu memakai sepatu berhak tinggi 15 senti karena ukuran tubuhnya yang semampai (semeter tak sampai..ups), eh..di kolong mejanya nongkrong tuh sendal jepit...padahal lihat betisnya...varises di mana2..duuh..kasian yaa... Yang model2 begini masih masuk zona nyamankah mereka??? Pengeculian bagi yang emang seneng eh nyaman dengan ketidaknyamana bagi orang lain itu, tentunya...yaa...

Kembali ke lap..top..eh...pokok permasalahannya....

Sekarang yang mo disorot adalah masalah keNYAMANAN secara keseluruhan bukan sekedar penampilan fisik atau saya istilahkan sebagai ZONA NYAMAN (suka2 yg nulis ngasih istilah donk yaa..?? hihihi)

Gak ada asyiknya dech kalo hidup penuh dengahn kepura2an, make topeng setiap saat sambil menekan rasa nyaman.

Betapa tidak nyamannya para pejabat yang tengah disorot massa saat ini, padahal semula barangkali yang ada di benaknya adalah betapa nikmat dan nyamannya jika ia menduduki jabatan tinggi di pemerintahan, mendapat banyak fasilitas negara, dana yang berkelimpahan serta derajat yang sempurna di mata masyarakat (pengecualian lagi nich buat pejabat yang emang gak berhati nurani. Dia mah gak ada jengah2nya sedikitpun biar dikata dah disorot habis2an oleh media masa, eeh...bukannya malu malah belagak jadi selebriti dadakan..ckckckck.luar biasa)

Betapa gak nyamannya seorang Paman Gober yang selalu gelisah memikirkan pundi2 uangnya yang sekamar penuh tapi dia gak mau mengeluarkan dananya sedikitpun bahkan tuk keperluan pribadinya sekalipun atau Mr. Scrab tokoh di Spongebob yang selalu takut kehilangan uang recehnya.

Mangkanya teman, tanpa kita sadari kita terkadang munafik terhadap diri sendiri, suka menutup nutupi kebusukan diri, agar kenyaman yang tengah kita rasakan tak terusik atau bahkan hilang tiba2. Jika kita punya jabatan, kita tak kan pernah ikhlas orang laen kan menggantikan. Jika kita punya asset milyaran, hati dan pikiran kita sibuk tuk meningkatkan jumlahnya menjadi trilyunan. Sudah punya rumah dua, masih ingin yang ketiga hinga kesepuluh barangkali. Palagi kalau sudah punya istri dua, kenapa gak empat aza sekalian ngikutin sunnahnya??

Duh...ngelantur lagi dech...hehehe..

Pokoknya kesimpulannya gini ... betapa banyak di luaran sana, orang rela sikut sana sikut sini , hantam kanan kiri, bikin benteng pertahanan setinggi mungkin hanya tuk mempertahankan ZONA NYAMAN-nya yang dah pasti gak akan abadi, apalagi di bawa mpe mati.

Sebab rasa nyaman hanya akan bersemayam di jiwa2 yang tenang dan tentram, seperti telah difirmankan oleh Allah swt dalam surat Ar Ra'd, ayat 28: "(yaitu) orang2 yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tentram" dan ujung ujungnya tercapailah rasa nyaman yang hakiki dambaan setiap insan.

Mau tahu ganjarannya??
Allah telah menjanjikan dalam surat Al Fajr, ayat 27-30: "Wahai jiwa yang tenang! Kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang ridho dan diridho'iNya. Maka masuklah ke dalam golongan hamba hamba-Ku dan masuklah ke dalam surga-Ku." Duh...betapa indahnya janji Allah swt...Subhanallah...ini baru namanya ZONA NYAMAN yang sejati!!

Klo dah gitu, kita akan jadi orang yang seperti ini ...klo ada tetangga yang beli tipi baru...gak akan blingsatan, klo ngeliat barang2 sale di mal... gak akan panikan... temans ganti mobil baru juga gak akan sirikan..hehehe...

Asyik kaan?? Hidup jadi tenaaaang...dunia serasa aman dan nyaman....karena semua terukur dalam porsi yang wajar dan pada tempatnya.....


Walahu'alam bishshowab....

Sawangan, 29 Januari 2010 (18.50)
Dibuat di atas koantas bima 102 yang sedang melaju sangat kencang, eh pake acara dioper2 plus mogok dan ndorong pula...lengkaplah sudah penderitaan sbagai warga kebanyakan......
Duh dasib..dasib...dasar nasib...harus selalu merasa nyaman di segala keadaan...hiks....

0 komentar:

Posting Komentar