RSS

Emak Gahoel dan Uang Elektronik

ilustrasi
Emak Gahoel jaman sekarang tentu sudah sangat akrab dengan istilah transaksi Online, yaitu sebuah transaksi bisnis yang melibatkan jaringan internet. Apalagi jika si Emak Gahoel ini mempunyai bisnis Online, sudah bukan sesuatu yang asing lagi, menawarkan produknya di  facebook, instagram, whatsapp, line, marketplace dan online shop serta menerima pembayaran melalui transfer bank.

Namun, sebagai Emak Gahoel yang senantiasa gak boleh kudet, tentu kudu tahu tentang perkembangan pesat di dunia perbankan saat ini. Palagi di tangan Emak Gahoel’ lah ujung tombak pengaturan ekonomi keluarga. Beliau yang mengatur perputaran uang serta keberlangsungan kesejahteraan ekonomi keluarga.

Jika Emak pintar mengatur uang, maka selamatlah keluarga tersebut. Namun jika Emak hobi belanja, hura-hura dan bersosialita sementara sumber pemasukan tambahan tak ada, bersiap-siaplah menghadapi bencana di masa depannya.  

Emak Gahoel masa kini tak lagi berciri membawa tas besar dengan dompet tebal di dalamnya. Mereka lebih praktis dan simpel. Cukuplah tas tangan, bahkan banyak pula yang lebih senang menggunakan tas selempang ala anak sekolahan, sebagai asesoris penunjang penampilan.

Demikian pula dengan kebiasaan dalam melakukan transaksi pembayaran. Emak Gahoel tak mau kalah trendi. Jika tak menggunakan aneka Uang Plasik seperti Kartu Kredit dan Kartu Debit, mereka kini beralih menggunakan E-Money, alias Uang Elektronik.

Apa sih E-Money itu?
E-Money adalah sebuah alat pembayaran transaksi ekonomi dengan menggunakan media elektronik, yaitu jaringan komputer dan jaringan internet.

Pada dasarnya, Uang Elektronik ini terdiri dari dua bentuk, yaitu Kartu PraBayar (Prepaid Card) dan e-Wallet (Dompet Elektronik).

Persamaan mendasar dari kedua Uang Elektronik tersebut adalah: Penggunaanya sama-sama tidak membutuhkan rekening di bank manapun. Cukup melakukan top up atau cash in, maka dana akan tersimpan secara otomatis sebagai Uang Elektronik. Jika dana mau digunakan, tak perlu diserta PIN atau tanda tangan, cukup menempelkan atau menggesekkan pada sebuah alat yang mampu membaca kode yang tertera (EDC) dan saldo akan terpotong secara otomatis.

Sedangkan perbedaannya hanya dibentuk fisiknya. Jika Kartu Prabayar berbentuk uang plastik dengan disain cantik  seukuran ktp atau gelang karet beraneka warna, maka Dompet Elektronik merupakan aplikasi yang diunduh melalui toko aplikasi Online.

Namun, keduanya memiliki fungsi yang sama, sebagai pengganti pembayaran transaksi yang biasanya menggunakan uang tunai, menjadi transaksi secara non tunai.

Sebagai Emak Gahoel, Anda tentu sangat tertarik kan?


0 komentar:

Posting Komentar