RSS

SMART Ekselensia Indonesia , Sekolahnya para Dhuafa Calon Pemimpin Indonesia

SMART Ekselensia Indonesia
Sungguh beruntung saya menjadi satu dari 20 blogger yang diajak mengenal lebih dekat SMART Ekselensia Indonesia, sebuah sekolah khusus bagi anak dhuafa pilihan dari berbagai wilayah nusantara yang dikelola dengan menggunakan dana ZIS para donatur Dompet Dhuafa. Letaknya di kawasan Zona Madina. 

Jika kita melintasi jalan raya Parung menuju Bogor, gedungnya nyempil  di sebelah kiri dengan tulisan Lembaga Pengembangan Insani di atasnya. Walau dari jalanan tak terlalu terlihat, ternyata bangunan serta halaman di dalamnya sangat luas dan nyaman.  Suasana yang sungguh kondusif untuk proses belajar-mengajar dengan menyenangkan.

Kurikulum sekolah ini unik, menerapkan moving class dan sistem akselerasi, cukup 5 tahun untuk menyelesaikan jenjang pendidikan menengah pertama dan atas. Selepasnya dari sekolah ini, diharapkan akan tercetak para generasi muslim yang cerdas dan unggul dari seluruh Indonesia, walaupun mereka berasal dari kaum dhuafa.

Libur panjangpun tidak seperti sekolah pada umumnya, hanya di bulan Januari saja. Hingga, kala Lebaran tiba digelarlah program HOMESTAY, yaitu kesempatan bagi siswa untuk belajar tentang nilai-nilai positif dalam kehidupan serta bisa berinteraksi langsung dengan Host Parent (donatur dan masyarakat umum).
-------------------------
Sejenak berbincang dengan beberapa penghuninya, saya menangkap aura optimis yang terpancar sempurna. Semangat belajar dan keinginan untuk maju menggapai cita begitu menggelora. Ternyata memang banyak siswa berprestasi dan berhasil masuk perguruan tinggi negeri berasal dari sekolah ini. Jejeran piala menghiasi dinding selasar utama, yang tentunya menjadi kebanggaan mereka. Sayangnya, sekolah ini hanya dikhususkan bagi siswa putra, semoga kelak dibangun sekolah serupa bagi siswa putri.

Sekolah Guru Indonesia
Yang menarik, di sini juga terdapat sekolah khusus untuk para guru dan kepala sekolah, namanya SEKOLAH GURU INDONESIA. Ada empat program yang ditawarkan: Professional Class (kelas khusus untuk guru yang akan dikirim ke daerah-daerah), Executive Class (untuk meningkatkan kompetensi  guru sekolah marginal), School of Master Teacher (semacam ToT’nya para guru) serta School of Principal Class (sekolah akan bagus jika kepala sekolahnya bagus tentunya).

Pusat Sumber Belajar
Perhatian sayapun beralih ke sebuah gedung bertuliskan PUSAT SUMBER BELAJAR, ada apakah gerangan di dalamnya? Ternyata ini sebuah perpustakaan dengan arena khusus balita yang dirancang sedemikian rupa, serta sebuah ruang utama yang nyaman dan membuat betah pengunjung berlama-lama. Deretan buku berjajar rapi sesuai sub tema. Jika bosan membaca, tersedia ruang audio visual di lantai dua. Koleksi film edukasi pilihan dan original siap untuk disaksikan kapan saja. Ah, benar-benar fasilitas yang sayang untuk disia-siakan.

arena untuk anak-anak
deretan koleksi buku sesuai sub tema
ruang baca yang nyaman
Berkunjung ke SMART Ekselensia Indonesia tak absah jika hanya menyaksikan tampak luar. Kamipun memasuki area kantin, menyaksikan jejeran jemuran  milik para siswa sebelum akhirnya menuju bangunan asrama. Ternyata terselip sebuah PAUD di kawasan ini, sepertinya dikhususkan untuk balita sekitar Zona Madina dan bagi anak karyawan.

Asrama kelas VII
Tour pun berlanjut dengan mengintip keseharian mereka. Tampak sebagian anak sedang merubungi sebuah kotak layar kaca sedang beberapa anak yang lain serius membaca di kamar. Kedisiplinan dan kerapihan, dua hal yang ditegakkan di sana. Kamar mereka rapi dan bersih, sepatu berjejer di rak dan ember serta alat mandi berderet dengan rapinya di depan kamar mandi.

yang lagi pada asyik baca di kamar
sekali-kali nonton boleh doonk ;)
Untuk melatih kemandirian karena jauh dari orang tua, sejak kelas satu (kelas VII) mereka mendapatkan materi menjahit serta beberapa soft skill lainnya. Untuk menjaga penampilan dan kerapihan disediakan sebuah barbershop juga.
-------------------------
Bagaimana dengan anak cerdas namun terbatas dari segi ekonomi yang ingin melanjutkan kuliahnya? Jangan khawatir, Dompet Dhuafa menyediakan dana khusus untuk para mahasiswa melalui BEA STUDI INDONESIA. Ada beberapa program, yaitu: Beastudi ETOS, Beastudi Kemitraan, serta Program Sekolah Kepemimpinan Bangsa, meliputi: Beasiswa Aktifis Nusantara, Beasiswa S2 dan BITS.
peta sebaran penerima manfaat program Beastudi
Berbahagialah anak-anak pilihan ini. Mereka diberi fasilitas lengkap dengan harapan suatu saat kelak mereka tumbuh dan berkembang menjadi calon pemimpin bangsa yang mumpuni dan mampu membangun peradaban bangsa dengan lebih baik. Semoga donasi para muzakki yang mempercayakan dananya dikelola oleh Dompet Dhuafa, menjadi berkah bagi penerima dan pemberinya. Aamiin.


RaDal, 250616’10.13


#Zakatnesia
#BloggerTriptoZonaMadina
#BloggerTrip

0 komentar:

Posting Komentar