RSS

Bumbu Instan, Memudahkan atau Membodohkan??

ilustrasi: resepmasakansederhana.info
"Mau makan apa kalian hari ini?", tanya Bunda ramah kepada anak-anaknya.
"Soto miiii", teriak tiga bocah bersamaan. Raut muka kelaparan tampak jelas di wajah mereka.
"Tenang, lima menit lagi soto mie istimewa ala Bunda akan terhidang di meja", janji Bunda.

Benar saja, tak lama kemudian tiga mangkuk mie instan rasa soto mie dengan hiasan sepotong telur rebus daun kol serta potongan daun bawang-seledri telah siap untuk disantap.

Esoknya, bosan dengan mie instan aneka rasa, kali ini  Bunda berinovasi membuat masakan istimewa berbahan dasar daging sandung lamur. Aha, menu hari ini rawon komplit. Hanya butuh waktu satu jam, semerbak rawon telah memenuhi dapur. Cacing-cacing di perut pun serentak berontak.
------------------
ilustrasi: putridapur.com

Bunda yang semasa gadisnya paling alergi dengan urusan masak memasak, tiba-tiba menjelma menjadi koki rumahan nan penuh pengalaman. Aneka menu istimewa selalu hadir di dapur bunda. Mulai dari sekedar nasi goreng aneka rasa, nasi kuning, ikan goreng, ayam goreng rempah, sayur lodeh, sayur asem, aneka tumis-tumisan, hingga rendang, gule, opor dan masakan Indonesia yang terkenal rempahnya serta lama mengolahnya. Kini semua hanya perlu waktu sekejap sejak persiapan hingga menghidangkan. Efisiensi waktu dan tenaga bukan? Mau membuat aneka kue pun, sudah lebih mudah. Tak perlu membuka buku resep atau browsing. 

Selidik punya selidik, ternyata Bunda punya ilmu rahasia... Apakah gerangan?
------------------
Mari kita buka lemari dapur bunda, Cling... Wah, ini rupanya rahasia Chef Bunda dalam mengolah masakan.
Berbagai bumbu instan, mie instan, bahan kue instan memenuhi lemari gantung itu. Bukan hanya bumbu, santan instan hingga masakan olahan instan pun tampak berderet dengan rapi di lemari es. Benar-benar bunda instan...

ilustrasi: raylishop.blogspot.com
Fenomena Bunda Instan sudah bukan mahluk aneh lagi. Kemajuan teknologi pengolahan pangan mampu mengolah aneka masakan dan bumbu masakan menjadi serba instan. Bak gayung bersambut, para perempuan masa kini yang juga sibuk berkarir, seringkali tak punya banyak waktu untuk mengolah masakan. Cara tercepat dan terpraktis, ya menggunakan bumbu instan, atau kalau mau lebih cepat ya tinggal memanaskan makanan instan yang dibekukan.

Pilihannya tinggal, mau menggunakan bumbu instan basah, atau instan kering. Produksi pabrik besar, atau produksi home industri. 
-------------------
ilustrasi: foodbavarageknowlege.blogspot.com
Salahkah menjadi chef instan ala bunda? Memang tidak sepenuhnya salah. Masalahnya, bunda jadi tidak bisa membedakan antara ketumbar dengan merica. Tidak tahu mana jahe, kencur, kunyit dan kunci. Tidak mengerti bumbu sayur asem apa saja, atau bumbu sop dan tempe goreng yang mudah. Semua karena sudah tersedia dalam bentuk instan, buat apa lagi cobek dan ulegan? Seandainya masih punya waktupun, bunda tentu akan memilih menghaluskan bumbu tersebut menggunakan blender, serta membeli santan peras di pasar.
-------------------
Eits, jangan apriori dulu dengan bunda modern masa kini. Ternyata, walaupun sibuk berkarir di luar rumah, ada beberapa bunda yang tetap mampu menyediakan makanan rumahan setiap paginya, tanpa perlu menjadi Chef Instan. Nah, kalau ini apa rahasianya?
ilustrasi: sashylittlekitchen.com
Usut punya usut, ternyata masalah utamanya di manajemen waktu dan manajemen memasak. Bunda hebat ini menyiapkan tiga bumbu dasar (merah, kuning dan putih) hasil karya sendiri. Setiap hendak masak, siapkan bahan pelengkap masakan dan sreng..sreng... Hidangan lezat siap tersaji.

Mau yang lebih praktis? Di akhir pekan, buat sepanci kaldu. Dinginkan. Kemas dalam beberapa plastik kecil. Bekukan di freezer. Ungkep atau kukus ayam atau daging, dinginkan dan bekukan. Bersihkan ikan, udang, cumi dan sebangsanya, cuci dan bekukan. Ketika saat memasak tiba, tinggal keluarkan bahan-bahan beku, diamkan dalam suhu ruang hingga mencair dan plung-plung...sreng-sreng. Tiga menu terhidang dalam tempo setengah jam.
-------------------
Nah, sekarang pilihan di tangan Bunda... Mau jadi Chef Instan dengan resiko keluarga di rumah terpapar aneka zat kimia dan pengawet makanan, atau Chef Hebat yang mampu menghasilkan aneka menu istimewa ala rumahan, dalam waktu singkat?
-------------------
RaDal, 180215'15'17

   

#bumbuinstan
#bumbupraktis
#bumbudasar
#bumbupintar
#masakpraktis
#masakcepat





11 komentar:

Rita Asmaraningsih mengatakan...

aku lebih suka bumbu yang bikin sendiri... agak capek memang bikinnya karena butuh waktu dan proses.. ttp lebih terjamin hygenies-nya..

Ladyinthemirror mengatakan...

Aku ngga suka bumbu instan rasanya kurang pas buat kami sekeluarga klo kepepet biasanya beli makanan rumahan yg ngga pake bumbu instan langganan :)

Fanny Fristhika Nila mengatakan...

untungnya punya ART yg bisa masak mba..Itu syarat utama memang pas aku nyari ART... Supaya kita sekeluarga ga keseringan makan instan food itu :D

Oci YM mengatakan...

Di rumah, saya masak nggak pake penyedap, cuma penyedap alami aja. Jadi, biasa pake bumbu-bumbu yang alami. 3 bumbu dasar itu memang andalan banget.
Kenal bumbu-bumbu masak juga pas udah nikah, tapi semangaaat buat belajar :)

Fee mengatakan...

bumbu dasar itu juga ada yang dijual di supermarket

Gusti Indah Primadona mengatakan...

biasanya bumbu racik sendiri sih...tapi kadang-kadang kumat malesnya pake bumbu instan deh :D

Gina Hendro mengatakan...

Alhamdulillah... ternyata masih banyak bunda-bunda yang memilih jadi chef hebat, daripada chef instan... :-D
Btw, kalau bumbu dasarnya buatan pabrik dan dijual di supermarket, ya teuteup aja masuk kategori bumbu instan, mb Fee... hehehe

nesri baidani mengatakan...

nyindirrrrr.....iya saya punya banyak bumbu instan di rumah....tapi sekarang lagi berusaha ngapalin bumbu....jadi salam sereh udah mulai hadir di kulkas...hehehe

Gina Hendro mengatakan...

semangkaaa buNes ;-)

Heni Puspita mengatakan...

Bikin bumbu inti sendiri jauh lebih baik deh. Soalnya masakan Indonesia yang khas rempah gitu kalau pakai bumbu instan rasanya jadi aneh.

Gina Hendro mengatakan...

Alhamdulillah, akhirnya ada Bumbu Instan produk rumahan, namanya PANGSITO BUMBU PINTAR, non MSG-non Pengawet :)

Posting Komentar